Dahsyatnya Kekuatan Air Mata

Air mata adalah sebuah ekspresi seseorang terhadap sesuatu yang ia hadapi. Begitu banyak sekali makna yang tersirat di balik air mata sehingga kadang tidak mudah untuk dapat dimengerti oleh orang lain.
Bermacam-macam hal dapat diekspresikan dengan tetesan air mata, tidak terikat hanya sebagai ekspresi kesedihan, kepedihan, kekecewaan, ketakutan, kesakitan, kehilangan, atau rasa malu, lebih dari itu air mata juga dapat sebagai bentuk ekspresi kebahagiaan, kebanggaan, rasa haru bahkan rasa cinta. Kadang kita heran melihat seseorang yang menangis histeris karena telah mendapatkan sesuatu yang ia inginkan, atau mungkin saat ia memenangkan suatu perlombaan yang telah menjadi impiannya, namun itulah kekuatan air mata, yang dapat melukiskan keadaan hati seseorang.

Air mata merupakan suatu cairan yang keluar dari organ tubuh makhluk hidup. Pada manusia, sesuatu yang keluar dari tubuhnya merupakan suatu benda yang tidak bermanfaat – yang memang sangat harus dikeluarkan agar tidak menjadi racun dalam tubuh, seperti halnya sisa-sisa metabolisme tubuh, keringat, dan sebagainya. Namun tidak demikian dengan air mata. Selain sebagai benda yang sudah seharusnya dikeluarkan agar unsur-unsur garam dalam tubuh kita keluar dan sebagai penjaga kelembaban mata, air mata juga merupakan sebuah bentuk ekspresi emosi seseorang seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, dan juga sebagai bentuk komunikasi yang memiliki banyak makna.

Ketika seseorang dilahirkan, hal yang paling pertama ia lakukan adalah menangis, meski tidak banyak meneteskan air mata. Sampai umur tertentu, seseorang itu pun mengungkapkan keinginannya, rasa sakit, lapar atau haus dengan meneteskan air mata. Bahkan mungkin orang yang baru mulai dewasa atau sudah dewasa masih ada yang melakukan hal tersebut. (Jadi merasa, hehe :D)

Air mata juga merupakan benda yang sangat ampuh untuk memaksa orang lain menuruti keinginanya, inilah hal yang sering dilakukan oleh perempuan, ya tidak semua... Seseorang yang hatinya keras pun dapat dilunakkan dengan tetesan air mata dan ia mampu menaklukan hal yang tidak dapat ditaklukan oleh pedang.
Ada pendapat yang mengatakan, jika dalam suatu keadaan tertentu – yang membuat seseorang meneteskan air mata – namun ada orang yang tidak melakukannya, dapat dianggap ia adalah orang yang kerasa hati dan tidak peduli. Namun semuanya tetap tergantung pada suatu keadaan tersebut dan keadaan hatinya.

Sesungguhnya inilah yang paling penting dari makna dan fungsi air mata. Karena ia dapat memadamkan api neraka dan mendatangkan pertolongan Allah SWT di akhirat kelak jika menetes dalam jalan-Nya dan ketika meminta ampun serta terlarut akan kebesaran-Nya.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak akan masuk neraka, seseorang yang menangis karena takut kepada Allah.”
"Setiap mata akan menangis di hari kiamat kelak, kecuali mata yang menangis karena takut kepada Allah, mata yang terpelihara dari hal-hal yang diharamkan Allah, serta mata yang berjaga di Jalan Allah."
Rasulullah pun mengingatkan, “Takutlah engkau akan do'a (termasuk air mata) orang-orang yang didzalimi, sesungguhnya tiada lagi jarak pemisah antara Allah dengan orang tersebut." (HR. At-Tirmidzi)
Karena itu kita harus menjaga dan berusaha semampu kita agar tidak membuat orang lain menangis karena telah menyakitinya, terutama orang tua kita, naudzubillah.
Sungguh sangat dahsyatnya kekuatan air mata. Dan air mata yang paling berkualitas dan bermanfaat adalah air mata yang menetes karena rasa takut dan cinta kepada Allah SWT. Semoga kita selalu menjadi orang-orang yang berusaha menajdi hamba-Nya yang lebih baik. Aamiiin. :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan, opini, saran ataupun kritik Anda sebelum meninggalkan blog ini...

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *