Air Mata dan Kekurangan Wanita

Air mata bagi sebagian besar wanita adalah sesuatu yang berguna untuk mencurahkan segala emosinya. Jadi bukanlah hal yang mengherankan jika kita melihat seorang wanita menangis, bahkan dalam keadaan bahagia.

Ada sebagian orang menilai bahwa wanita tidak bisa melakukan apa-apa ketika sedang menghadapi masalah kecuali hanya menangis dan menangis. Hanya itulah yang dapat mereka lakukan agar orang lain merasa iba lalu membantunya. Namun sebenarnya, di sinilah salah satu letak kehebatan wanita, karena dengan tangisannya mereka mampu melepaskan sejenak semua beban yang memberatkannya, kemudian bangkit untuk menyelesaikan semua masalah.

Dalam keadaan terpuruk, wanita mampu lebih tegar dan kuat dari siapapun, karena dia mempunyai akal yang disertai perasaan sensitif akan segala sesuatu yang menimpanya.

Saya pernah membaca sebuah tulisan tentang wanita, yang saya dapat dari teman saya. Dalam tulisan itu ada barisan kata-kata yang menyentuh hati saya.



Tuhan berkata:


“Ketika Aku menciptakan seorang wanita, ia diharuskan untuk menjadi

seorang yang istimewa. Aku membuat bahunya cukup kuat untuk menopang dunia; namun, harus cukup lembut untuk memberikan kenyamanan."


”Aku memberikannya kekuatan dari dalam untuk mampu melahirkan anak dan

menerima penolakan yang seringkali datang dari anak-anaknya."


"Aku memberinya kekerasan untuk membuatnya tetap tegar ketika

orang-orang lain menyerah, dan mengasuh keluarganya dengan penderitaan dan kelelahan tanpa mengeluh."


"Aku memberinya kepekaan untuk mencintai anak-anaknya dalam setiap keadaan, bahkan ketika anaknya bersikap sangat menyakiti hatinya."


"Aku memberinya kekuatan untuk mendukung suaminya dalam kegagalan dan

melengkapi tulang rusuk suaminya untuk melindungi hatinya.”

Aku memberinya kebijaksanaan untuk mengetahui bahwa seorang suami yang

baik takkan pernah menyakiti isterinya, tetapi kadang menguji

kekuatannya dan ketetapan hatinya untuk berada disisi suaminya tanpa

ragu."


"Dan akhirnya, Aku memberinya air mata untuk diteteskan.


Ini adalah khusus miliknya untuk digunakan kapan pun ia butuhkan."


"Kau tahu:


“Kecantikan seorang wanita bukanlah dari pakaian yang dikenakannya, sosok

yang ia tampilkan, atau bagaimana ia menyisir rambutnya."


"Kecantikan seorang wanita harus dilihat dari matanya, karena itulah

pintu hatinya - tempat dimana cinta itu ada."


Sesungguhnya, Allah meciptakan wanita dengan sebaik-baiknya. Wanita adalah makhluk yang sangat hebat dan luar biasa. Meski masih saja ada yang merendahkannya, namun mereka tetap kuat dan tegar. Tanpa wanita, apalah arti dunia ini.

Saya pun membaca dalam sebuah artikel mengenai kedudukan wanita dalam Islam. Artikel tersebut menjelaskan apa kekurangan yang dimiliki wanita yang meliputi kekurangan akal dan kelemahan agamanya . Seperti firman Allah SWT, yaitu:

“Artinya : Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). Jika tak ada dua orang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka seorang lagi mengingatkannya” [Al-Baqarah : 282]
Dalam hal ini dijelaskan bahwa kadang wanita seringkali lupa sehingga ia mengurangi atau menambahkan kesaksiannya akan suatu hal. Namun ini bukanlah kekurangan wanita, karena banyak juga wanita yang lebih pintar dari pria. Terkadang wanita juga lebih ingat hafalannya daripada pria.

Dan dikatakan wanita lemah agamanya. Hal yang dimaksudkan ini adalah ketika wanita sedang haid atau nifas, maka mereka akan meninggalkan shalat dan puasa serta tidak menqadha shalatnya. Namun ini pun bukanlah kekurangannya, karena sesungguhnya haid dan nifas adalah kondisi alami yang ditetapkan Allah untuk wanita. Dia lah yang mengatur segalanya.

Semua hal tersebut bukanlah sesuatu yang membuat wanita berada di bawah pria. Memang, pria adalah pemimpin bagi wanita seperti yang difirmankan Allah SWT. Namun bukan berarti ia pantas untuk direndahkan dan dihina. Karena dalam beberapa hal lain justru wanita lebih unggul daripada pria. Seperti yang kita saksikan di jaman yang modern ini, betapa wanita pun mampu menjadi pemimpin suatu negara. Subhanallah, sesungguhnya Allah mencipakan semua makhluknya dengan segala kelebihan dan kekurangan yang bermanfaat.

Oleh karena itu, hal yang paling penting untuk dilakukan oleh kita semua adalah selalu berusaha untuk menjadi manusia yang sebaik-baiknya. Karena kekurangan bukanlah hal yang menghalangi kita untuk menjadi lebih baik. :)


2 comments:

  1. Tentang wanita...

    Kecemburan seorang laki-laki adalah bukti keimanan, sedangkan kecemburuan seorang perempuan adalah bukti kekufuran...

    Wanita sangat bisa menyembunyikan rasa CINTA,namun tidak akan bisa menyembunyikan rasa BENCI...

    ReplyDelete
  2. wanita itu kan mudah cemburu mas,,
    Siti Aisyah aja waktu cmburu sampai membuat telur yang di tangannya jadi matang... ;)

    ReplyDelete

Silahkan sampaikan tanggapan, opini, saran ataupun kritik Anda sebelum meninggalkan blog ini...

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *