Managemen Waktu


Ini adalah sebuah catatan kecil yang pernah saya tulis dari guru Bimbingan Konseling saya, ketika saya sedang dalam masa persiapan menghadapi Ujian Nasional SMP tahun 2007.
Sudah cukup lama saya menyimpannya. Kali ini saya akan mempublikasikannya di sini agar saya selalu dapat mengingatnya dan teman-teman semua pun dapat membacanya.

Definisi Managemen Waktu
Merupakan suatu keterampilan dalam mengatur waktu, agar berhasil mencapai tujuan hidup tertentu.

Karakteristik Waktu
1. Waktu cepat berlalu
2. Waktu yang telah terlewati tidak dapat kembali lagi
3. Waktu adalah sesuatu termahal yang dimiliki manusia
4. Waktu adalah kehidupan

Kewajiban kita terhadap waktu
1. Menjaga manfaat waktu
2. Tidak menyia-nyiakan waktu
3. Mengisi kekosongan dengan kegiatan positif
4. Berlomba-lomba dalam kebaikan
5. Belajar dari perjalanan hari atau waktu yang sudah berlalu
6. Mengatur waktu
7. Bagi setiap waktu dengan aktifitas tertentu
8. Memilih-miih waktu yang istimewa

Kiat mengisi waktu
1. Rumuskan tujuan hidup, misalnya : “Sukses UAN 2007”
2. Rancang kegiatan, pilih kegiatan yang dapat menunjang tujuan
3. Tentukan prioritas, kumpulkan alasan mengapa melakukan kegiatan tersebut agar semakin termotivasi
4. Play the matrix, kita hidup dengan berbagai peran (hamba, anak, murid, teman, dll), kita harus pandai memerankannya, jangan sampai membuang waktu percuma. Karena itu kita pun harus pandai memilih peran sesuai kemampuan kita.
5. Fokus, yaitu fokus terhadap peran yang lebih mengarah kepada tujuan hidup. Dalam hal ini, fokus terhadap satu hal bukan berarti meniadakan aktifitas lain, namun hanya saja presentasinya harus diperkeci. FOKUS – ENERGI OPTIMAL – SUKSES
6. Buat agenda. Rumuskan dalam suatu agenda harian, sehingga apa yang direncanakan bisa lancar dengan catatan harus DISIPLIN.


Catatan yang saya ketik di atas merupakan catatan yang manfaatnya cukup besar bagi kesuksesan UAN saya waktu itu. Bahkan guru bimbingan konseling saya tersebut sampai membagikan selembaran kertas yang berisi tabel kegiatan harian kepada saya dan murid-muridnya yang lain, agar kami dapat mengatur waktu dengan benar dan membiasakan hidup DISIPLIN.
Mudah-mudahan catatan ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih guruku. :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan, opini, saran ataupun kritik Anda sebelum meninggalkan blog ini...

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *