Pembekalan Mental Siswa SMK N 1 Tangerang

Nah,, ini dia sesuatu yang aku dapat ketika mengikuti acara "Pembekalan Mental Bagi Siswa SMK N 1 Tangerang". Eits... jangan berpikir yang aneh-aneh dulu yah karena ada kata MENTAL, :t.
Apa sih maksud dari acara itu?
Acara tersebut diselenggarakan guna mempersiapkan mental siswa-siswi di sekolahku, khususnya kelas XI (termasuk aku) karena akan segera menginjakkan kaki di dunia usaha/ melaksanakan prakerin. Gitu... :D

Salah satu pemberi materinya adalah Pak Irwan, SE. Direktur Sekolah Buddhi yang juga merupakan alumni SMK N 1 Tangerang.
Banyak sekali yang aku dapat dari acara tersebut. Beberapa catatan yang aku tulis ketika acara itu berlangsung (30/5) akan aku tulis juga di sini.

Sebelumnya, kami dijelaskan mengenai budaya kerja bangsa Indonesia. Memprihatinkan sekali! Disebutkan bahwa bangsa Indonesia memiliki dua budaya, yaitu:

1. Budaya loyoh: yang dimaksud di sini adalah sebagian orang Indonesia memiliki budaya malas bekerja keras, maunya bersantai-santai dan tidak mau repot
2 .Budaya instan: katanya juga, bangsa Indonesia adalah orang-orang yang ingin segalanya didapatkan dengan mudah dan cepat saji (instan).
Nah loh, benarkah? :t. Yah diri kita sendiri lah yang mengetahui kebenarannya. :D

Masih ada lagi sih yang lainnya yang memprihatinkan! Tapi ga perlu diketik deh.... :$

Langsung aja ke point-point plus-plusnya. :D
Inilah hal-hal yang harus dimiliki seseorang dalam bekerja.

Budaya Kerja BAJIK
1. Bersih dan Rapih
2. Aman dan Tertib
3. Jujur dan Bertanggung Jawab
4. Kasih dan Sayang

Mental Pekerja SUKSES
1. Cintailah apa yang kamu kerjakan
2. Berpikirlah positif dan terbuka
3. Jangan pernah menyerah
4. Lakukan semaksimal mungkin, jadilah yang terbaik
5. Belajar dari kesalahan

Selain itu, kita pun harus belajar dari orang-orang di luar sana (luar negeri maksudnya) yang kini negaranya telah maju.

7 prinsip orang Jepang (Bushido):
1. Gi : keputusan yang benar diambil dengan sikap benar berdasarkan kebenaran (jika harus mati dengan keputusan itu, matilah dengan gagah)
2. Yu : berani dan bersikap ksatria
3. Jin : murah hari, mencintai dan bersikap baik terhadap sesama
4. Re : bersikap santun dan bertindak benar
5. Makoto : bersikap tulus yang setulusnya , sungguh-sungguh dan tanpa pamrih
6. Melyo : menjaga kehormatan, martabat dan kemuliaan
7. Chugo : mengabdi dan loyal

Hebat yah! itu lah prinsip-prinsip hidup di balik kesuksesan orang-orang Jepang. ;)

Sekian dulu deh, udah pegel-pegel nih seharian di depan komputer.
Teman-temanku yang lagi prakerin, SEMANGAT yah! :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan, opini, saran ataupun kritik Anda sebelum meninggalkan blog ini...

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *