Tips Mengatasi Badmood

Kompetisi Kompas MuDa & AQUA
Badmood, bete, borring adalah kata-kata yang tidak asing lagi didengar. Begitu banyak alasan yang melatarbelakanginya, banyak pula orang-orang yang sering meneriakkannya. Tak terkecuali diriku, bahkan saat menulis ini pun aku memang sedang badmood. :(
Ya, memang banyak sekali alasan yang dapat membentuk keadaan tak menyenangkan ini. Ada seseorang yang menyebalkan, ada sesuatu yang menjengkelkan, bahkan tidak punya uang pun sering menjadi alasan yang membuat kita badmood dan greget. :D Yang sungguh terlalunya, keadaan tersebut membuat kita jadi marah-marah tak jelas, malas melakukan aktifitas, kulit wajah berkerut akibat wajah ditekuk berlipat-lipat, dan lain-lain yang pada akhirnya membuat waktu kita terbuang terbuang percuma dan menyendat kreatifitas. Oleh karena itu, terlintas dalam pikiranku untuk berusaha mengatasi hal yang sering mengganggu hati dan menyiksa batinku itu, agar tidak lama-lama terjerat di lubang hitamnya. Dan setelah dipikirkan baik-baik, serta berkat bantuan Embah Google, akhirnya aku mendapat tips-tips yang cukup membantu untuk menyingkirkan si badmood super menyebalkan itu. ;)

1. Tidur
Hal ini adalah hal yang paling sering aku lakukan, karena ketika si badmood menyerang, pikiranku jadi kacau, semua persoalan jadi kulihat dari sisi negatif sehingga emosi pun jadi tak terkendali. Maka tidurlah yang menjadi pilihan. Dengan tidur, otak kita menjadi rileks. Walaupun saat terbangun kadang masih tersisa perasaan badmood itu, tapi paling tidak kita sudah lebih tenang.
2. Menangis
Saat si badmood membuat tidur pun jadi tak enak, menurunkan air mata dapat menjadi pilihan selanjutnya. Karena dengan menangis zat-zat yang tidak baik untuk otak seperti adrenalin yang menyebabkan ketegangan dan kecemasan akan ikut keluar bersama air mata, sehingga ia menjadi berkurang dan membuat kita lebih tenang.
3. Lakukan Hobi dan Hal Menyenangkan
Tidur susah, menangispun tak bias – mungkin takut terlihat cengeng. :D Maka yang paling efektif adalah melakukan hobi atau hal-hal menyenangkan lainnya, karena hal tersebut dapat membuat kita rileks. Misalnya saja main musik, mendengarkan musik, atau mungkin online seperti lagunya saykoji. :D Cara-cara ini terbukti sangat efektif bagi diriku sendiri, mungkin Anda pun demikian. Inti sebenarnya, yang harus kita lakukan adalah mengalihkan perhatian ke hal-hal lain yang membuat kita senang dan rileks, jangan terus-terusan terkurung dalam hal yang membuat kita badmood.
4. Tertawa
Tertawa selama 5 – 10 menit bisa merangsang pengeluaran endrophine dan serotonin (sejenis morfin alami tubuh), dan juga metonin. Ketiga zat ini merupakan zat yang baik untuk otak, sehingga dapat menimbulkan rasa tenang. Maka sering-seringlah menghibur diri dan menyehatkan tubuh dengan tertawa. Asalkan tidak aneh dan berlebihan. :D
5. Berpikir Positif
Apa yang kita lakukan akan mempengaruhi pikiran kita. Pikiran yang negatif dapat menimbulkan perasaan negatif pula. Maka mulailah melakukan hal-hal posotif dan selalu berpikir positif. Salah satu caranya adalah dengan melakukan hal-hal baik dan menyenangkan, lalu ingat orang-orang yang menyayangi kita, ingat cita-cita yang ingin kita raih. Pikirkan bahwa untuk membuat mereka bangga dan meraih cita-cita itu diperlukan semangat yang tinggi, optimisme, pikiran positif, dan ketenangan menghadapi hambatan. Cara ini dapat sangat membantu agar kita terlepas dari badmood yang mengganggu pikiran dan waktu kita yang berharga.
6. Berendam atau Berenang
Hal ini dapat membuat kitarileks karena dapat memperlancar aliran darah. Rasakan air yang merendam tubuh kita, lupakan hal-hal yang mengganggu dan tidak menyenangkan, Maka kita akan merasa lebih tenang.
7. Olah raga
Dengan berolah raga hingga berkeringat, zat kimia yang baik untuk otak dapat dikeluarkan oleh tubuh, sehingga membuat kita menjadi lebih tenang. Itu sebabnya orang yang sering olah raga akan selalu fit dan happy. Aktifitas ini sungguh sangat berguna menghilangkan badmood dan tentunya membuat kita menjadi lebih sehat. ;)
8. Curhat
Inilah tips terakhir, langkah yang paling sering dianjurkan untuk dilakukan saat kita tertimpa masalah, tak terkecuali saat badmood. Tentunya, badmood akan kita sering rasakan saat kita sedang mempunyai masalah.
Begitu sangat lega dan terasa lebih tenang saat beban yang mengganggu pikiran dan hati kita dapat dilepas sejenak dengan berbagi pada orang lain. Namun perlu diingat, janganlah terlalu lebar membuka pintu pada orang lain sehingga dapat bebas masuk dalam masalah kita, juga jangan menceritakan masalah kita kepada banyak orang, karena hal itu mungkin dapat membuat masalah yang kita hadapi menjadi semakin buruk. Jadi, pilihlah orang yang dapat dipercaya dan mengerti akan masalah yang sedang kita hadapi, kalau perlu, orang yang sekaligus dapat memberi saran dan solusi. Maka kita pun akan merasa lebih tenang.
Dari kedelapan tips di atas, kita dapat mencoba semuanya, lalu menerapkan yang mana yang paling efektif untuk diri kita saat rasa badmood itu menyerang, sehingga kita dapat lebih mudah dan cepat mengatasinya. Apalagi bagi yang sering merasa badmood, atau perempuan yang dalam masa Pramenstrual Syndrome - pastinya sering bete :D. Alhasil, waktu kita tidak akan terbuang percuma, perasaan tak lelah lama-lama, dan kita dapat melakukan kembali aktifitas kita yang bermanfaat. Walaupun kadang sulit, tapi kita harus berusaha. Salam semangat slalu….!!! :)




(Dukung blog ini dalam Kompetisi Web Kompas MuDa & AQUA, dengan mengunjungi link ini. Terima Kasih)

1 comment:

  1. Mantabzzz...cocok untuk orang yang sterss tingkat tinggi..

    ReplyDelete

Silahkan sampaikan tanggapan, opini, saran ataupun kritik Anda sebelum meninggalkan blog ini...

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *