Manipulasi Foto: Membuat Efek lukisan Cat Air

Bosen dengan hasil foto yang biasa saja??? Berikut ini adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat foto agar seperti lukisan cat air. Tentu saja hal semacam ini dapat kita lakukan di software manipulasi foto, di sini saya menggunakan software Photoshop. Tutorial ini dapat diaplikasikan di Photoshop Cs ataupun versi sebelumnya.

Untuk membuat foto agar ber-efek lukisan cat air, ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Pada Pallete Layers, ubahlah layer Background menjadi layer biasa dengan klik ganda, kemudian pada kotak dialog New layer masukkan nama baru, misalnya nayla. Hasilnya, layer background berubah menjadi layer biasa dengan nama “nayla”.
  2. Buat duplikasi layer “nayla” dengan men-drag layer tersebut ke ikon Create a new layer pada bagian kana Pallete Layer hingga muncul layer “nayla copy” di atas layer “nayla”. Ubah namanya menjadi “sketsa”.
  3. Selanjutnya, dengan layer “sketsa” aktif, ubah image pada layer tersebut menjadi hitam putih dengan memilih Image>Adjustments>Desaturate.
  4. Masih dengan layer “sketsa” aktif, pilih menu Filter>Stylize>Find Edges untuk menampilkan garis batas image tersebut.
  5. Selanjutnya, kita perlu mengurangi intensitas goresan garis batas image di atas dengan memilih menu Image>Adjustments>Levels, kemudian pada kotak dialog Levels gerakkan slider segitiga pada bagian tengah dan kanan ke arah kiri seperlunya. Hasilnya, layer “sketsa” berupa goresan garis pinggir image me njadi tidak begitu tegas.
  6. Langkah selanjutnya duplikasi layer “nayla”, beri nama “cat air”, kemudian tempatkan layer tersebut di atas layer “sketsa”.
  7. Pilih menu Filter>Artistic>Dry Brush. Pada kotak dialog Dry Brush masukkan nilai parameter sesuai keinginan Anda, atau sebag ai berikut: Brush Size: 10 Brush Detail:0 Texture: 1
  8. Ubah blending mode ketiga layer menjadi Soft Light sehingga ketiganya tampak bergabung (blending) satu sama lain. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.
  9. Aktifkan layer “cat air”, kemudian pilih menu Image>Adjustments>Levels dan seperti langkah no. 5 kurangi intensitas dengan men drag slider tengah dan kanan ke arah kiri. Hasilnya seperti berikut.
  10. Buat layer baru di urutan paling atas, beri nama “kertas”, kemudian isi layer tersebut dengan warna kuning muda. Lalu pilih Filter> Texture>Texturize, kemudian pada kotak di alog masukkan: Texture: Canvas Scaling: 67% Relief: 5 Light: Top
Kemudian yang paling penting, ubah blending mode layer “cat air” menjadi multiply dan nilai opacity menjadi 50%. Hasil akhirnya seperti beri kut ini.


Kompetisi Web Kompas MuDa & AQUA
Demikian langkah-langkah untuk membuat foto menjadi seperti lukisan cat air. Anda bisa memodifikasi sendiri foto Anda sesuai dengan kemauan. Yang paling penting dalam dunia desain grafis, terutama photo retouching, adalah kemauan untuk mencoba dan bereksplorasi. Selamat berkarya. :)http://www.emocutez.com


(Dukung blog ini dalam Kompetisi Web Kompas MuDa & AQUA, dengan mengunjungi link ini. Terima Kasih)

4 comments:

  1. Beautiful... ^^

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online

    Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private

    ReplyDelete

Silahkan sampaikan tanggapan, opini, saran ataupun kritik Anda sebelum meninggalkan blog ini...

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *