Belajar Komunikasi

Apakah definisi komunikasi menurut para ahli? ;) Itu lah yang aku cari tahu ketika aku mulai tertarik untuk mempelajari ilmu komunikasi. Berawal dari seringnya mendengarkan curhat teman-temanku, membuatku jadi berusaha memahami mereka. Aku pun menyadari hal itu tidak lah mudah, sehingga aku mencari tahu melalui artikel-artikel di internet tentang cara memahami orang lain yang tentu berbeda-beda sifatnya. Dari situ aku mulai mengenal tentang psikologi meskipun aku tidak mengerti betul. Tapi memang menyenangkan sekali. Hingga suatu saat aku menemukan buku berjudu "Psikologi Komunikasi" Karya Jalaludin Rahmat di Perpustakaan Umum dekat sekolah SMK-ku. Pandangan pertama, aku langsung jatuh cinta. Kata "Psikologi" dan "komunikasi" memang tidak asing, namun melihatnya dipadukan menjadi "Psikologi Komunikasi", aku jadi penasaran apa maksudnya? 

Setelah aku membaca sedikit demi sedikit, aku menjadi semakin tertarik. Berkali-kali aku meminjam buku tersebut untuk membaca dan memahami isinya. Namun memang sulit bagiku yg tidak mengetahui tentang dasar-dasar komunikasi. :D Tapi dari situ lah aku mulai tertarik untuk belajar komunikasi ;)

Saat ini aku telah menjadi mahasiswi baru Fakultas Ilmu Komunikasi jurusan Broadcasting. Hmm, lumayan melenceng dari jurusanku waktu SMK, yaitu Teknik Komputer dan Jaringan. Namun, inilah hasil perenungan dan semediku :D 


Kembali ke definisi Komunikasi. Hayo siapa yang tau??
Komunikasi sudah seperti bagian dari hidup kita. Seperti nafas yang berhembus. Seperti makan yang kita butuhkan. Karena manusia adalah makhluk sosial yang selalu ingin dimengerti dan butuh kasih sayang, komunikasi adalah alat penting untuk meraih itu semua. Dengan berkomunikasi, berarti kita hidup. Namun sebenarnya, apakah definisi komunikasi?
Dalam buku Psikologi Komunikasi, Jalaludin Rahmat mengatakan, "Sebagai ilmu, komunikasi dipelajari bermacam-macam disiplin ilmu, antara lain sosiologi dan psikologi." Oleh karena itu banyak definisi ataupun pengertian tentang komunikasi. Dalam kamus psikologi, ada 6 pengertian komunikasi, yaitu :

1.  Penyampaian perubahan energi dari satu tempat ke tempat yang lain seperti dalam sistem saraf atau penyampaian gelombang-gelombang suara.
2.  Penyampaian atau penerimaan sinyal atau pesan oleh organisme.
3.  Pesan yang disampaikan
4.  (Teori Komunikasi) Proses yang dilakukan satu sistem yang lain melalui pengaturan sinyal-sinyal yang disampaikan.
5.  (K.Lewin) Pengaruh suatu wilayah persona pada wilayah persona yang lain sehingga perubahan dalam satu wilayah menimbulkan peribahan yang berkaitan pada wilayah lain.
6.  Pesan pasien kepada pemberi terapi dalam psikoterapi.

Sudah paham? Tenang saja kalau belum, masih banyak definisi ataupun pengertian yang dijabarkan oleh para tokoh-tokoh komunikasi terkenal lainnya. Secara singkat, komunikasi diartikan sebagai penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu untuk maksud tertentu yang akan menimbulkan respon pada diri komunikan. Seperti saya dengan Anda. Saya menyampaikan pesan (berupa artikel tentang komunikasi) melalui media internet dengan maksud memberi pengetahuan agar Anda dan saya dapat lebih mengerti tentang komunikasi, kemudian Anda akan merespon, misalnya mengomentari bahwa tulisan saya ini menarik ataupun kurang OK.
Sudah cukup mengerti bukan? Agar mengerti lebih dalam, berikut definisi-definisi komunikasi berdasarkan para pencetusnya :

Harrold Lasswel
Komunikasi adalah gambaran mengenai siapa, mengatakan apa, melalui media apa, kepada siapa, dan apa efeknya.

Onong Chayana Effendi  
Komunikasi adalah proses penyampaian oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)

Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk merubah perilaku orang lain. 

Colin Cherry
Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
 
Hovland, Janis dan Kelley
Komunikasi merupakan proses individu mengirim rangsangan (stimulus) yang biasanya dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain. Pada definisi ini mereka menganggap komunikasi sebagai suatu proses.

Gerald  R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.

Nah, bagaimana? Semoga cukup mengerti ya. Setelah kita mengetahui arti dan pentingnya berkomunikasi, marilah belajar memperbaiki komunikasi kita. Sukses mahasiswa/i FIKOM.. ^^

3 comments:

  1. Hai ria saya joe, sy juga menyukai bidang komunikasi...bisa banyak sekali ilmu yg kita dapatkan karena wawasannya luas, komunikasi juga bisa dikaitkan dengan marketing (related). tanpa komunikasi kita tidak bisa mengenal orang, berkenalan, berbisnis, menjalin hubungan,dan banyak sekali, maka saya ambil kesimpulan kita jangan mengangap remeh bidang komunikasi/marketing..karena bidang ini bidang yang sangat luar biasa dan mahal sekali ilmunya, semakin kita rajin dan mau belajar pasti kita mendapat banyak sekali keuntungan yang sangat positif

    dr joe
    085217351048

    ReplyDelete
  2. bagus sekali catatn artikel ini....
    sebenarnya saya juga sama halnya dgn apa yg U katakan, saya juga lulusan TKJ ko. tapi saya entah knp ribuan alasan yg belum selesai ku tuliskan knp saya masuk prodi jrusn Psikologi.

    kalau Kamu, boleh tau sebab berubahnya pikiran jadi meninggalkan TKJ?

    ReplyDelete
  3. @joe: yupp betul sekali.. :)

    @harry: mungkin tepatnya bukan meninggalkan kali ya, aku skrg malah kerja di perusahaan IT, tapi ya memang jobdesk ku sendiri lebih banyak yg berhubungan dg komunikasi.

    Dulu aku mau masuk jurusan komputer karena aku suka belajar komputer, sama jg seperti skrg. Ya kalau aku sih, tipe orang yang suka ikutin kata hati dan berprinsip ga mau menyesal di akhir, jadi bagaimana caranya aku harus tepat memilih apa yang harus aku pilih :)

    ReplyDelete

Silahkan sampaikan tanggapan, opini, saran ataupun kritik Anda sebelum meninggalkan blog ini...

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *