Komunikasi Kelompok

Kelompok menentukan cara kita berperilaku  berpakaian, bekerja, keadaan emosi kita, dan sebagainya. Benarkah??? 

Yah, begitulah. Siapa yang tidak mempunyai kelompok? Setiap orang normal yang bersosialisasi dengan lingkungan masyarakatnya pasti akan mempunyai teman-teman, yang berkumpul dan membentuk sebuah kelompok sosial. Baik di rumah, sekolah, kampus, kantor, atau di mana saja tempat kita beraktifitas. Dengan jumlah tiga orang, empat orang, atau lebih banyak lagi.

Apakah sebenarnya yang dimaksud kelompok? Kelompok adalah sekumpulan orang yang saling berinteraksi secara intensif dan terus-menerus sehingga muncul adanya perasaan bersama dan kesadaran akan keanggotaan. Di antara anggota terbentuk struktur dan pembantogian tugas guna mencapai tujuan bersama, baik  dilakukan secara resmi maupun tidak. Contoh terdekat adalah keluarga dan teman-teman bermain.

Bagaimana kelompok dapat menentukan cara kita berperilaku? Jawabannya ada pada sistem komunikasi kelompok! Singkatnya, komunikasi kelompok didefinisikan sebagai komunikasi secara tatap muka di antara anggota-anggota kelompok. Melalui komunikasi inilah perilaku para anggota kelompok dapat saling mempengaruhi. Namun, memang tidak semua demikian, tergantung jenis kelompoknya. Agar lebih jelas, silahkan baca di sini. Salam semangat slalu... 

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan, opini, saran ataupun kritik Anda sebelum meninggalkan blog ini...

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *