Kajian : Media Sosial yang Lahirkan Gerakan Sosial

Welcome back!!!
Sambil mendengar sholawat sebelum subuh, hari ini aku ingin kembali sharing dengan teman-teman maya semua sekaligus mengisi keheningan blogku.. :D

New media.. Semua orang di seluruh dunia sedang dijejali istilah tersebut, terutama social media. Siapa yang tidak tahu? Orang yang awam terhadap komputer dan internet pun mungkin familiar dengan media yang kini sangat trend tersebut. Baik karena sering mendengar berita sana-sini. Bisa juga karena punya akun di twitter, facebook, atau friendster dulu. Atau mungkin karena memang social media addicted.

Banyak topik menarik yang dapat dibahas tentang social media. Mulai dari sisi positif sampai ke sisi negatif. Bisa tentang persahabatan, grup, fashion, toko oline, politik, dan lainnya. Banyak orang yang senang dan mendapat berkah dari media tersebut, atau ada juga pihak-pihak yang merasa rugi dan terancam. Kita tahu, ada kebaikan yang kita rasakan dari social media, namun di antara kita ada juga yang merasakan ketidakbaikan.

Berawal dari tugas yang diberikan oleh dosen Psikologi Komunikasi. Aku tergelitik untuk menggali tema social media, kemudian mengarahkan fokusku pada gerakan sosial yang mampu dibangkitkan olehnya. Terinspirasi oleh ramainya gedung KPK yang setiap hari didatangi para demonstran dan gejolak yang terjadi di negara-negara Timur Tengah.

Media sosial telah menjadi fenomena. Ia menorehkan banyak catatan di buku hidup banyak orang, bahkan beberapa negara. Hal ini memang tentu saja tidak terlepas dari manifestasi akan kebutuhan manusia pada aktualisasi diri dan kebutuhan terhadap media massa. Koin prita misalnya. Dengan begitu hebat, media social mampu menggerakkan hati banyak orang untuk membantu Prita Mulyasari, seseorang yang didenda karena milisnya yang mengeluhkan pelayanan sebuah rumah sakit di kotaku. Atau kasus petinggi KPK, yang membuat seantero bangsa simpati, padahal banyak dari mereka yang tidak tahu kebenaran kasus tersebut, bahkan mungkin tidak mengerti sama sekali. Semua itu terjadi di dunia maya, namun mempengaruhi banyak orang dengan begitu dahsyatnya, bahkan menggiring ke langkah nyata, sehingga muncul lah gerakan sosial. Oleh sebab itu, aku mencoba untuk menggali serta mengkaji mengapa dan bagaimana social media mampu menghasilkan semua itu.

Kajian social media ini kubuat dari sudut pandang psikologi, komunikasi, dan menyentuh hal-hal sosial. Berdasarkan pengamatan, pengumpulan data, dan pengalamanku sendiri. Selamat men-download dan membaca. Semoga bermanfaat. Salam semangat selalu.;)

1 comment:

  1. artikel menarik téh....

    saya juga cita" kuliah di Fakultas ilkom, tapi saya SMAnya jurusan IPA... musti cross jurusan IPA ke IPS pas SNMPTNnya... saya ga pengen ambil resiko cross jurusan. [yah jadi curhat][haha]

    Sepengalaman tétéh, apa ilkom bisa dipelajari mendalam diluar kuliah?

    nulis tentang ilkom lagi dong téh [hehe]

    ReplyDelete

Silahkan sampaikan tanggapan, opini, saran ataupun kritik Anda sebelum meninggalkan blog ini...

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *